Tips Perawatan Kucing Himalaya Untuk Pemula

by Julio Ford
Tips Perawatan Kucing Himalaya Untuk Pemula

Kucing himalaya merupakan salah satu dari sekian jenis pohon damar yang memiliki banyak sekali peminat dan diburu oleh pecintanya untuk diadopsi. Hewan satu ini terkenal karena keindahan bulunya dan tingkah lakunya yang lucu. Himalaya ini merupakan persilangan dari dua jenis ras yang berbeda, yakni ras persia dan ras siam. Sebenarnya himalaya ini merupakan jenis yang sudah ada sejak lama, namun baru terkenal di tahun 1950 di eropa. Saat ini hewan peliharaan ini dikenal dengan nama colour point, karena memiliki totol warna yang unik pada bulunya.

Ciri tubuh dari hiamala ini juga mirip dari indukannya, dimana dibagi menjadi dua kriteria. Dimana yang satu lebih mirip ke indukan siam, dan satu lagi lebih mirip ke persia. Dan berikut ini cara perawatan jenis himalaya ini.

  1. Letakkan di ruangan yang luas

Himalaya ini merupakan hewan yang tenang, lembut dan komunikatif. Hewan ini juga sangat mudah untuk bersosialisasi dengan lingkungannya, namun dengan catatan harus ditempatkan di tempat yang luas. Satu hal lagi, himalaya ini sangat penasaran pada benda yang berkilap, jadi bisa anda singkirkan benda-benda berkilap disekitarnya agar tidak melukainya.

  • Beri sayur

Tak selamanya daging harus diberikan pada hiamalaya, anda juga perlu memberikan sayur agar kesehatan tetap terjaga. Anda bisa mencampurkan sayuran dengan pakan daging agar si himalaya mau memakannya.

  • Mix makanan

Ada kalanya himalaya akan merasakan bosan, dan untuk menghindari hal tersebut ada baiknya anda melakukan pergantian makanan agar tidak bosan.

  • Hindari pemberian makan manusia

Suatu kesalahan besar bila anda berfikir makanan untuk hewan piaraan anda itu sama dengan makanan anda, makanan manusia sangat tidak cocok untuk hewan peliharaan anda seperti himalaya.

  • Rutin memandikannya

Guna untuk menjaga kesehatannya, anda perlu untuk memandikan himalaya agar terhindar dari penyakit yang disebabkan karena adanya penumpukan debu atau bulu yang rontok.

Dan itulah hal yang perlu anda perhatikan dalam perawtan himalaya, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda dalam memperhatikan perawatan piaraan anda.