Penyediaan Absorbent Floating Boom untuk Prevensi Kebocoran Minyak

by Julio Ford
Penyediaan Absorbent Floating Boom untuk Prevensi Kebocoran Minyak

Bagi suatu kilang minyak, memiliki absorbent floating boom menjadi salah satu langkah preventif yang sangat diperlukan. Kilang minyak umumnya berlokasi di lepas pantai atau di tengah perairan yang luas karena bahan dasar minyak yang merupakan fosil makhluk hidup banyak terkonsetrasi di lokasi-lokasi lepas pantai. Dengan kondisi yang jauh dari daratan, berbagai langkah preventif memang sangat diperlukan karena nantinya ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, pertolongan pun tidak bisa segera datang begitu saja. Dalam hal ini, oil absorbent adalah salah satu peralatan yang memang sangat diperlukan, khususnya untuk mengatasi kebocoran minyak yang terjadi.

Penyediaan Absorbent Floating Boom untuk Prevensi Kebocoran Minyak

Kebocoran minyak ini memang relatif sangat jarang terjadi. Dengan teknologi yang ada sekarang dan petugas yang jumlahnya sangat banyak, setiap proses mendapatkan pengamatan yang sangat mendetail. Ini menjadi langkah preventif untuk mencegah hal yang tidak bisa diprediksi. Walau demikian, kondisi selalu bisa berubah kapan saja, dan karena itu pula, risiko kebocoran minyak selalu ada. Ketika ini terjadi, minyak akan tumpah ke area perairan, dan ini akan memicu bahaya. Salah satunya adalah kebakaan. Kerugian finansial tentu juga akan dihadapi ketika minyak tidak segera diatasi. Ditambah lagi, tumpahan minyak tersebut akan merusak dan mencemari lautan dan makhluk hidup atau biota laut yang hidup di dalamnya. Dalam kondisi ini, floating absorbent akan sangat diperlukan untuk mencegah meluasnya minyak tersebut dan mulai menyerapnya.

Fungsi dari absorbent memang untuk melakukan dua hal tersebut. Sesuai namanya, floating absorbent memang mengapung di perairan. Peralatan ini tetap harus mengapung karena masa jenis minyak yang berbeda dengan air dan membuatnya tidak mudah larut begitu saja dan tetap ada di permukaan air. Bahkan ketika sudah berhasil menyerap minyak yang bocor, absorbent tetap harus mengapung karena nantinya petugas akan mengambil dan memindahkannya. Ketika sampai tenggelam, ini akan sangat menyulitkan petugas dan bisa memperparah pencemaran yang terjadi. Dalam tugasnya untuk menyerap minyak, bahan yang tepat sangat diperlukan agar penyerapan berjalan lancar. Di sisi lain, bahan Absorbent boom itu pun harus mampu mengunci minyak agar tidak kembali larut ke air.