Napak Tilas Perjuangan Pangeran Diponegoro di Gua Selarong

by Julio Ford
Napak Tilas Perjuangan Pangeran Diponegoro di Gua Selarong

Salah satu objek wisata alam yang bergabung dengan wisata sejarah di Jogja adalah Gua Selarong. Gua ini merupakan tempat yang sangat terkenal karena dianggap sebagai tempat persembunyian dari Pangeran Diponegoro saat berperang melawan Belanda selama tahun 1825 hingga 1830. Sebagai markas dari Pangeran Diponegoro, Gua Selarong saat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bantul. Banyak wisatawan khususnya mereka yang menyukai sejarah datang ke gua ini untuk melihat lebih dekat gua ini.

Untuk tiba di gua ini wisatawan harus berjalan beberapa ratus meter dari pintu gerbang. Selain itu pengunjung juga harus menaiki tangga sekitar 100 meter. Setibanya di atas, pengunjung akan bisa melihat beberapa gua. Gua utama adalah Gua Kakung yang mana digunakan sebagai tempat Pangeran Diponegoro dan para pengikutnya beristirahat dan mengatur strategi. Selain Gua Kakung terdapat pula Gua Putri yang mana diperuntukkan untuk selir dan para pelayannya yang setia mendampingi beliau. Kedua gua tersebut tidak tembus ke mana pun alias buntu.

Saat ini wisatawan banyak yang datang ke lokasi ini khususnya di akhir pekan. Mereka selain bisa napak tilas perjuangan Pangeran Diponegoro bisa juga menikmati suasana alam sekitar yang asri dan juga alami. Mereka bisa duduk di kursi-kursi yang ada di kawasanan ini. Terdapat pula air terjun kecil yang bisa dinikmati saat berwisata di tempat ini.

Lokasi Gua Selarong:

Gua Selarong berlokasi di Kabupaten Bantul tepatnya di Guwosari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Jika memakai kendaraan pribadi diperlukan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke lokasi ini dari pusat Kota Jogja. Bagi Anda yang sedang menikmati paket wisata sejarah Jogja bisa mengunjungi destinasi wisata ini dan jika membutuhkan bus bisa sewa bus wisata di Jogja.

Tiket dan Jam Buka Gua Selarong:

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. Tiket masuk kawasan ini sebesar Rp. 4.000 perorang. Dengan uang sebesar tersebut bisa menikmati semua wahana yang ada di tempat ini.

Tips wisata di Gua Selarong:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman untuk kegiatan di luar ruangan.
  2. Pakai alas kaki yang sekiranya enak dipakai.
  3. Bawa air mineral jaga-jaga saat haus.
  4. Jangan lupa memotret setiap momen berharga di tempat ini.
  5. Jagalah kebersihan kawasan wisata.